Manajemen Di Era Perubahan Drastis

0

RESUME Materi 2
Sekilas Manajemen, Manajemen Di Era Perubahan Drastis

 


Hallo sobat mahasiswa ekonomi, gimana nih kabarnya hari ini? Semoga baik dan masih semangat sob. Pada postingan mimin kemarin udah ngebahas tentang ‘Sekilas Manajemen : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana’ nah sekarang mimin mau lanjutin lagi nih mau buat postingan tentang Manajemen Di Era Perubahan Drastis, materi ini mimin dapet dari channel youtube dosen mimin sendiri yaitu Dedi Purwana Channel, yuk tanpa basa basi lagi mimin mulai pembahasannya!

 

PENGERTIAN PERUBAHAN ORGANISASI

Perubahan Organisasi menurut Robbins adalah perubahan yang mengacu kepada hal yang berhubungan dengan kegiatan pelaksanaan tugas/kewajiban dalam suatu organisasi dengan tujuan mengupayakan perbaikan kemampuan organisasi dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan serta perubahan perilaku anggota organisasi. Organisasi hanya dapat bertahan jika dapat melakukan perubahan.

 

Robbins menyatakan bahwa perubahan organisasi dapat terjadi pada tingkat individu atau organisasi secara keseluruhan. Perubahan organisasi mencakup perubahan pada struktur organisasi, proses kerja, sistem pengambilan keputusan, atau kultur organisasi. Untuk mengadakan perubahan yang sukses, organisasi harus memahami kebutuhan dan tujuan perubahan, menentukan strategi yang tepat untuk mencapainya, dan mengelola perubahan tersebut dengan efektif.

 

FAKTOR PENDORONG PERUBAHAN ORGANISASI

1. Teknologi / Telekomunikasi

Perkembangan teknologi berubah secara cepat mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan teknologi baru mengakibatkan perubahan keterampilan, pekerjaaan, struktur, dan juga budaya organisasi. Oleh karena itu setiap organisasi harus selalu megikuti perkembangan teknologi agar organisasi tetap dapat bersaing di pasar. Contoh perkembangan teknologi di dalam organisasi adalah kegiatan berbasis internet dan elektronik, seperti saat ini lebih banyak minat untuk berbelanja di marketplace online dibanding toko-toko konvensional

2. Diversity of Worker (Keanekaragaman Pekerja)

Semakin banyak perusahaan - perusahaan besar multinasional berkembang di Indonesia, seperti Google, Apple, Microsoft, dll yang memiliki kantor pusat atau headquarters di luar negeri. Hal ini dipicu oleh bisnis mereka memberikan layanan juga di Indonesia sehingga cabang - cabang usahanya juga didirikan di Indonesia dengan pekerja yang beragam, mungkin dalam satu tim tidak hanya terdiri dari WNI saja, mungkin juga akan ada WNA dari berbagai negara dengan latar belakang budaya yang berbeda pula. Keberagaman ini juga menjadi sebuah tantangan tersendiri dikarenakan sering menimbulkan konflik atau kesalahpahaman antara budaya yang satu dengan budaya lainnya. Dengan demikian, sangatlah penting bagi semua pihak untuk saling menghormati budaya masing - masing pihak.

3. Kesadaran Publik (Publik Consciousness)

Kesadaran publik sudah semakin sensitif sehingga perusahaan harus bisa beradaptasi dan bertanggung jawab terhadap perubahan yang terjadi. Misalnya sebelum adanya larangan untuk menggunakan plastik di pasar swalayan, para pembeli jarang atau bahkan tidak ada yang membawa katong belanja pribadi mereka. Namun, setelah terjadi larangan penggunaan kantong plastik, para pembeli perlu meningkatkan kesadaran awareness terhadap perubahan dengan membawa kantong belanja pribadi ketika ingin berbelanja.

4. Pasar Global (Global Marketplace)

Pesatnya kemajuan ilmu pengatahuan dan teknologi, terutama di bidang komunikasi, telah mempersempit jangkauan antar negara, karena itu produk tidak hanya beredar di satu negara tertentu saja. Jika Anda awalnya hanya ingin berorientasi guna berjualan di pasar domestic, namun dengan adanya kecanggihan teknologi, orang di luar negara kita dapat melihat produk-produk display perusahaan Anda tanpa harus berkunjung langsung ke toko Anda. Seiring berjalannya waktu, produk Anda akan disukai oleh konsumen luar negeri dan menjadi produk global.

5. Community of Stakeholders (Masyarakat yang berkepentingan di dalam Perusahaan)

Stakeholders memiliki hak serta kewajiban terhadap sebuah organisasi atau proyek yang bersangkutan. Stakeholders ini  bisa menjadi konsumen, supplier, rekan kerja, karyawan, anggota masyarakat sekitar lingkungan bisnis yang harus dijaga hubungannya agar siklus bisnis tetap dapat bertahan dalam jangka panjang.

 

NATURE OF MANAGEMENT

Manajemen saat ini harus bisa mengatasi keberagaman, serta mampu menangkap tantangan - tantangan serta peluang di masa yang akan datang dengan tetap memperhatikan kemajuan teknologi telekomunikasi, keberagaman, kesadaran publik, global marketplace, dan meningkatnya ekspektasi dari para pemangku kepentingan atau stakeholders.

Mindset yang harus diubah untuk mengendalikan turbulensi negatif Para manajer diminta untuk:

  1.   Bekerja lebih efektif dan efisien dengan cara menggunakan sumber daya seminimal mungkin tetapi memberikan hasil semaksimal mungkin
  2.   Melibatkan seluruh karyawan, dimana karyawan harus bisa dianggap sebagai mitra bukan sebagai ‘robot’ perusahaan.
  3.   Melihat perubahan sebagai sesuatu hal yang wajar, bukan menjadi takut akan terjadinya perubahan.
  4.   Perusahaan atau organisasi harus bisa membangun visi dan nilai yang mampu mendorong kerja sama diantara anggota organisasi atau sesama karyawan.

 

DEFINITION OF MANAGEMENT

Manajemen merupakan suatu metode untuk mengontrol sumber daya yang ada guna meraih tujuan organisasi. Pada dasarnya, manajemen adalah suatu proses untuk menghasilkan sesuatu dengan sumber daya yang se-minimal mungkin (outpul maksimal, input minimal)

Adapun 4 fungsi dari manajemen, yaitu:

  1.   Planning, Menyusun rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi
  2.   Organizing, Mengelompokkan orang, tugas, dan tanggung jawab sesusai porsi sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.
  3.   Leading, Pengarahan yang dilakukan agar semua anggota berusaha untuk mencapai tujuan perusahaan
  4.   Controlling, Menilai kinerja para anggota sesuai standar yang telah ditetapkan guna mencapai tujuan perusahaan



KINERJA ORGANISASI

  1.   Organisasi (Organization), Suatu entitas sosial yang terdiri lebih dari satu orang dengan tujuan yang terstruktur dengan baik maka bisa disebut dengan organisasi.
  2.   Efektifitas (Effectiveness), Sejauh mana suatu organisasi bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakannya.
  3.   Efisiensi (Efficiency), Kemampuan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya dengan menggunakan sumberdaya yang dimilikinya seefisien mungkin.
  4.   Kinerja (Performance), Agar kinerja organisasi bisa berjalan dengan baik, maka manajer harus bisa menjalankan keempat fungsi manajemen dengan baik.

MANAGEMENT SKILLS


  •   Conceptual Skill: Merupakan keahlian dalam mengambil keputusan berdasarkan analisis data yang dimiliki baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.
  •   Human Skill: Merupakan keahlian dalam berkomunikasi antar bagian dan antar tingkatan manajemen dalam menyampaikan tujuan yang hendak diraih.
  •   Technical Skill: Merupkan keahlian dalam memahami cara kerja secara teknis yang dikerjakan oleh bawahan.

 

Manajemen dan Tempat Kerja Baru

Karakteristik

  •  Sumber Daya = informasi
  •  Sistem Kerja Fleksibel
  •  Pekerja = Karyawan yang diberdayakan, agen bebas
  • Pasukan di Organisasi
  •  Teknologi digital / online
  •   Pasar = Global, termasuk internet
  •  Tenaga Kerja = Beragam
  •  Nilai berubah dengan cepat
  •  Peristiwa = Krisis yang bergejolak

Kompetensi Manajemen

  •   Kepemimpinan = Tersebar, memberdayakan
  •   Koneksi kepada Pelanggan dan Karyawan
  •   Melakukan Pekerjaan as a team
  •   Hubungan = Kolaborasi
  •   Desain = Eksperimen, organisasi pembelajaran

Kompetensi Manajemen Baru

  •  Memiliki kepemimpinan yang baik
  • Dapat Memberdayakan orang lain
  • Memiliki hubungan kolaboratif
  • Mempunyai Keterampilan membangun tim
  • Organisasi yang tumbuh dengan belajar

 

Manajemen di Masa Turbulensi

  • Tetap tenang
  • Berpikir jauh ke depan
  • Utamakan orang dibanding bisnis
  • Ceritakan kebenaran yang ada
  • Mengetahui kapan harus kembali ke bisnis

 

Nah sob itulah materi kedua tentang ‘Sekilas Manajemen, Part 2 : Manajemen Di Era Perubahan Drastis’ menarik bukan? Sekian postingan mimin, semoga membantu kalian semua untuk belajar seputar ekonomi ya sob! Tetap semangatt, semoga sehat selalu, dan nantikan postingan - postingan mimin selanjutnya, Terima kasih, dadahhh!

 

Sumber :

Jangan lupa kunjungi juga Website Sobat Dunia Kampus melalui link https://www.duniakampus40.net untuk mengetahui hal-hal seputar dunia perkuliahan.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)