RESUME Materi 2
Sekilas Manajemen, Manajemen Di Era Perubahan
Drastis
Hallo sobat mahasiswa ekonomi, gimana nih kabarnya hari
ini? Semoga baik dan masih semangat sob. Pada postingan mimin kemarin udah
ngebahas tentang ‘Sekilas Manajemen : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana’ nah sekarang
mimin mau lanjutin lagi nih mau buat postingan tentang Manajemen Di Era
Perubahan Drastis, materi ini mimin dapet dari channel youtube dosen mimin
sendiri yaitu Dedi Purwana Channel, yuk tanpa basa basi lagi mimin mulai
pembahasannya!
PENGERTIAN PERUBAHAN ORGANISASI
Perubahan Organisasi menurut Robbins adalah perubahan yang
mengacu kepada hal yang berhubungan dengan kegiatan pelaksanaan tugas/kewajiban
dalam suatu organisasi dengan tujuan mengupayakan perbaikan kemampuan
organisasi dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan serta
perubahan perilaku anggota organisasi. Organisasi hanya dapat bertahan jika
dapat melakukan perubahan.
Robbins menyatakan bahwa perubahan organisasi dapat terjadi
pada tingkat individu atau organisasi secara keseluruhan. Perubahan organisasi
mencakup perubahan pada struktur organisasi, proses kerja, sistem pengambilan
keputusan, atau kultur organisasi. Untuk mengadakan perubahan yang sukses,
organisasi harus memahami kebutuhan dan tujuan perubahan, menentukan strategi
yang tepat untuk mencapainya, dan mengelola perubahan tersebut dengan efektif.
FAKTOR PENDORONG PERUBAHAN ORGANISASI
1. Teknologi / Telekomunikasi
Perkembangan teknologi berubah secara cepat mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan teknologi baru mengakibatkan perubahan keterampilan, pekerjaaan, struktur, dan juga budaya organisasi. Oleh karena itu setiap organisasi harus selalu megikuti perkembangan teknologi agar organisasi tetap dapat bersaing di pasar. Contoh perkembangan teknologi di dalam organisasi adalah kegiatan berbasis internet dan elektronik, seperti saat ini lebih banyak minat untuk berbelanja di marketplace online dibanding toko-toko konvensional
2. Diversity of Worker (Keanekaragaman Pekerja)
Semakin banyak perusahaan - perusahaan besar multinasional berkembang di Indonesia, seperti Google, Apple, Microsoft, dll yang memiliki kantor pusat atau headquarters di luar negeri. Hal ini dipicu oleh bisnis mereka memberikan layanan juga di Indonesia sehingga cabang - cabang usahanya juga didirikan di Indonesia dengan pekerja yang beragam, mungkin dalam satu tim tidak hanya terdiri dari WNI saja, mungkin juga akan ada WNA dari berbagai negara dengan latar belakang budaya yang berbeda pula. Keberagaman ini juga menjadi sebuah tantangan tersendiri dikarenakan sering menimbulkan konflik atau kesalahpahaman antara budaya yang satu dengan budaya lainnya. Dengan demikian, sangatlah penting bagi semua pihak untuk saling menghormati budaya masing - masing pihak.
3. Kesadaran Publik (Publik Consciousness)
Kesadaran publik sudah semakin sensitif sehingga perusahaan harus bisa beradaptasi dan bertanggung jawab terhadap perubahan yang terjadi. Misalnya sebelum adanya larangan untuk menggunakan plastik di pasar swalayan, para pembeli jarang atau bahkan tidak ada yang membawa katong belanja pribadi mereka. Namun, setelah terjadi larangan penggunaan kantong plastik, para pembeli perlu meningkatkan kesadaran awareness terhadap perubahan dengan membawa kantong belanja pribadi ketika ingin berbelanja.
4. Pasar Global (Global Marketplace)
Pesatnya kemajuan ilmu pengatahuan dan teknologi, terutama di bidang komunikasi, telah mempersempit jangkauan antar negara, karena itu produk tidak hanya beredar di satu negara tertentu saja. Jika Anda awalnya hanya ingin berorientasi guna berjualan di pasar domestic, namun dengan adanya kecanggihan teknologi, orang di luar negara kita dapat melihat produk-produk display perusahaan Anda tanpa harus berkunjung langsung ke toko Anda. Seiring berjalannya waktu, produk Anda akan disukai oleh konsumen luar negeri dan menjadi produk global.
5. Community of Stakeholders (Masyarakat yang
berkepentingan di dalam Perusahaan)
Stakeholders memiliki hak serta kewajiban terhadap sebuah organisasi
atau proyek yang bersangkutan. Stakeholders ini
bisa menjadi konsumen, supplier, rekan kerja, karyawan, anggota
masyarakat sekitar lingkungan bisnis yang harus dijaga hubungannya agar siklus
bisnis tetap dapat bertahan dalam jangka panjang.
NATURE OF MANAGEMENT
Manajemen saat ini harus bisa mengatasi keberagaman, serta mampu menangkap tantangan - tantangan serta peluang di masa yang akan datang dengan tetap memperhatikan kemajuan teknologi telekomunikasi, keberagaman, kesadaran publik, global marketplace, dan meningkatnya ekspektasi dari para pemangku kepentingan atau stakeholders.
Mindset yang harus diubah untuk mengendalikan turbulensi
negatif Para manajer diminta untuk:
- Bekerja lebih efektif dan efisien dengan cara menggunakan sumber daya seminimal mungkin tetapi memberikan hasil semaksimal mungkin
- Melibatkan seluruh karyawan, dimana karyawan harus bisa dianggap sebagai mitra bukan sebagai ‘robot’ perusahaan.
- Melihat perubahan sebagai sesuatu hal yang wajar, bukan menjadi takut akan terjadinya perubahan.
- Perusahaan atau organisasi harus bisa membangun visi dan nilai yang mampu mendorong kerja sama diantara anggota organisasi atau sesama karyawan.
DEFINITION OF MANAGEMENT
Manajemen merupakan suatu metode
untuk mengontrol sumber daya yang ada guna meraih tujuan organisasi. Pada
dasarnya, manajemen adalah suatu proses untuk menghasilkan sesuatu dengan
sumber daya yang se-minimal mungkin (outpul maksimal, input minimal)
Adapun 4 fungsi dari manajemen,
yaitu:
- Planning, Menyusun rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi
- Organizing, Mengelompokkan orang, tugas, dan tanggung jawab sesusai porsi sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.
- Leading, Pengarahan yang dilakukan agar semua anggota berusaha untuk mencapai tujuan perusahaan
- Controlling, Menilai kinerja para anggota sesuai standar yang telah ditetapkan guna mencapai tujuan perusahaan
KINERJA ORGANISASI
- Organisasi (Organization), Suatu entitas sosial yang terdiri lebih dari satu orang dengan tujuan yang terstruktur dengan baik maka bisa disebut dengan organisasi.
- Efektifitas (Effectiveness), Sejauh mana suatu organisasi bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakannya.
- Efisiensi (Efficiency), Kemampuan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya dengan menggunakan sumberdaya yang dimilikinya seefisien mungkin.
- Kinerja (Performance), Agar kinerja organisasi bisa berjalan dengan baik, maka manajer harus bisa menjalankan keempat fungsi manajemen dengan baik.
MANAGEMENT SKILLS
- Conceptual Skill: Merupakan keahlian dalam mengambil keputusan berdasarkan analisis data yang dimiliki baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.
- Human Skill: Merupakan keahlian dalam berkomunikasi antar bagian dan antar tingkatan manajemen dalam menyampaikan tujuan yang hendak diraih.
- Technical Skill: Merupkan keahlian dalam memahami cara kerja secara teknis yang dikerjakan oleh bawahan.
Manajemen dan Tempat Kerja Baru
Karakteristik
- Sumber Daya = informasi
- Sistem Kerja Fleksibel
- Pekerja = Karyawan yang diberdayakan, agen bebas
- Pasukan di Organisasi
- Teknologi digital / online
- Pasar = Global, termasuk internet
- Tenaga Kerja = Beragam
- Nilai berubah dengan cepat
- Peristiwa = Krisis yang bergejolak
Kompetensi Manajemen
- Kepemimpinan = Tersebar, memberdayakan
- Koneksi kepada Pelanggan dan Karyawan
- Melakukan Pekerjaan as a team
- Hubungan = Kolaborasi
- Desain = Eksperimen, organisasi pembelajaran
Kompetensi Manajemen Baru
- Memiliki kepemimpinan yang baik
- Dapat Memberdayakan orang lain
- Memiliki hubungan kolaboratif
- Mempunyai Keterampilan membangun tim
- Organisasi yang tumbuh dengan belajar
Manajemen di Masa Turbulensi
- Tetap tenang
- Berpikir jauh ke depan
- Utamakan orang dibanding bisnis
- Ceritakan kebenaran yang ada
- Mengetahui kapan harus kembali ke bisnis
Nah sob itulah materi kedua tentang ‘Sekilas Manajemen, Part 2 :
Manajemen Di Era Perubahan Drastis’ menarik bukan? Sekian postingan mimin,
semoga membantu kalian semua untuk belajar seputar ekonomi ya sob! Tetap
semangatt, semoga sehat selalu, dan nantikan postingan - postingan mimin
selanjutnya, Terima kasih, dadahhh!
Sumber :
- Youtube Dedi Purwana Channel - https://youtu.be/3TGZ2u--vVM
- Buku Management 13th Edition by Stephen P Robbins, Mary Coulter